DIFINISI MEREK ATAU BRAND
Jika berbicara tentang merek/ brand kita lebih paham atau mengenal dengan simbol. Disini saya akan mencoba membahas tentang merek/brand itu. Bagi para mastah harap ikut membantu nubie ini bikin trit ini lebih bermanfaat
Merek/ brand yang kita kenal sampai saat ini adalah "hanya sebuah simbol" bagi perorangan, kelompok atau organisasi/perusahaan. Disini saya akan mencoba mengubah paradigma tersebut. Mungkin pemahaman tersebut tidak salah. Namun efeknya bagi saya cukup fatal. Contoh simpel dalam penerapan dalam marketing, orang lebih cenderung membeli fried Chicken di KFC daripada membeli di tempat lokal lainnya. Walaupun terkadang citarasa yang dari merek lokal lebih enak. Atau kita sering mendengar Aqua saat membeli air mineral. Itulah kekuatan merek yang tentu jarang kita perhatikan.
Definisi
Definisi merek menurut David McNally & Karl D.Speak dalam bukunya Be Your Own Brand adalah merupakan refleksi hubungan suatu organisasi/personal dengan klien/ pelanggannya untuk menciptakan hal yang menjanjikan dan diperjuangkan oleh organisasi/personal tersebut.
Dari deinisi tersebut bisa kita jabarkan bagaimana merek menjadi jembatan atau alat komunikatif non Vokal yang dapat dituangkan oleh sebuah simbol baik secara visual maupun nonvisual untuk membetuk karakter/ pola yang dimiliki, baik positif/negatif. Dan tentu saja dari definisi tersebut dapat kita simpulkan pemahaman definis merek yang pada masyarakat kita umumnya kurang tepat. Atau bahkan menyimpang dari definis tersebut.
Merek dalam hal ini (marketing) bisa dikatakan sebagai bentuk tanggungjawab terhadap karakter/pola bisnis yang dijalankan yang nantinya akan memiliki nilai finansial. Nilai finansial saat ini bisa kita ambil contoh/ studi kasus pada Frenchise. Tindakan suatu organisasi/ personal adalah faktor utama terbentuknya pola tersebut.
Ok gan untuk sementara itu dulu yang baru bisa saya jabarkan. Nanti saya update lagi. Karena ini baru pembuka . Buat para mastah disini mohon bimbingan jika salah
semoga bermanfaat...
sumber : kaskus
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar